Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenali Suara Hati

MENGENALI SUARA HATI

Hanya kepada Allah lah sujud (patuh) segala apa yang ada di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa, (dan sujud pula) bayang bayangnya di pagi hari dan petang hari.

QS. Ar-Ra'd (Petir) [13]: 15

HASIL KARAKTER CEO yang sudah disebutkan pada bab sebelumnya menunjukkan adanya karakter universal yang berlaku di muka bumi tentang syarat keberhasilan. Di dalamnya. meliputi kepercayaan, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, keterbukaan, dan kepedulian sosial

Sifat-sifat di atas mungkin dijadikan kredo yang dipampang di dinding perusahaan dan company profile; disebutkan dalam pidato pimpinan perusahaan serta ditulis dalam UUD negara, ketetapan politik, dan sebagainya. Bahkan, sifat-sifat itu sering kali dimunculkan dalam filmy melalui sifat karakter karakternya, seperti pada film Titanic, Romeo dan Juliet misalnya, yang memunculkan sifat cinta yang tulus dan kesetiaan sejati.

Sepertinya, sifat-sifat tersebut begitu dirindukan, begitu me

mukau dan sangat diagungkan. Para pemimpin perusahaan berusaha

memiliki karyawan dengan sifat jujur, bertanggung jawab, dan loyal Para bawahan pun mengharapkan pemimpin memiliki sifat jujur dan terbuka. Mengapa sifat-sifat itu begitu dirindukan? Kaum materialis tentu akan berpikir logis dengan mengatakan bahwa kejujuran, tanggung jawab dan loyalitas akan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi apabila diterapkan di dunia usaha

Namun, hanya keuntungan materi yang menjadi tujuannya.

Tetapi, manusia dengan spiritualitas akan berpikir lebih jauh dari itu.

Mereka merindukan kejujuran, kedamaian, loyalitas, atau keadilan bukan karena materi, tetapi karena se buah makna kehidupan yang lebih tinggi, yaitu spiri tualitas yang tertanam pada jiwa mereka. Sifat-sifat itu membawa mereka pada sebuah kebahagiaan hakiki, the Ultimate Happiness. Mereka merasakan kebahagiaan dan kedamaian apabila berdekatan dengan sifat-sifat mulia tersebut.

Coba kita perhatikan orang-orang yang paling berpengaruh di sejarah muka bumi ini Umumnya, mereka adalah para pembela ke adilan, kejujuran, kebersamaan, dan kedamaian.

Berikut, saya akan kemukakan karakter CEO yang sukses, hasil survei The Leadership Challenge, oleh James M Kouzes dan Barry Z Postner pada 1987 dan 1993.

Karakter-karakter di atas terbukti telah membawa kesuksesan bagi para CEO internasional. Pada tingkat lokal, survei yang dilak sanakan oleh lembaga riset Frontier dan Tempo mencatat 11 pe rusahaan ternama yang paling dikagumi publik (Indonesia's Most Admired Companies/IMAC 2002). Ternyata masyarakat menilai

dan menyimpan perasaan kagum terhadap sejumlah perusahaan yang beroperasi di negeri ini. Sebelas perusahaan itu adalah Astra Internasional, BCA, BNI, Caltex Pacific Indonesia, Garuda Indonesia, Indofood, Indomobil, Indosat, Pertamina, PT Telkom Indonesia dan PT Unilever Indonesia

Kepada responden ditanyakan beberapa poin yang dapat mem bangun citra sebuah perusahaan Pertanyaannya antara lain Apakah perusahaan tersebut memiliki manajemen profesional? Apakah perusahaan tersebut termasuk perusahaan yang inovatif? Apakah ia memiliki tanggung jawab sosial? Apakah bisa dipercaya? Parameter diadopsi dari majalah bisnis terkemuka Fortune, yang dalam lima tahun terakhir melakukan survei untuk memilih perusahaan paling mengagumkan di seantero jagat (World's Most Admired Companies).

Menurut Direktur Utama Indosat, profesionalisme merupakan syarat mutlak terselenggaranya sebuah perusahaan. "Semua karyawan wajib mempunyai perilaku yang baik, dan punya rasa tanggung jawab yang besar" Setelah profesionalisme, transparansi adalah kekuatan lain yang dimiliki Indosat. Perusahaan harus dikelola dengan bersih dan keadilan adalah hal utama yang harus ditegakkan di Indosat la menambahkan, "Perusahaan ini saya jamin merupakan perusahaan yang bersih."

Selanjutnya, anak perusahaan Grup Unilever asal Inggris-Belanda yang sudah malang melintang selama 70 tahun di Indonesia ini rajin melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat PT Unilever Indonesia memang konsisten melakukannya sejak 20 tahun silam Sistem ini memunculkan sekitar 2.000 usaha kecil dan menengah (UKM) yang menghidupi sekitar 20.000 pekerja

PT Indofood Sukses Makmur selama 5 tahun terakhir mengalami penjualan dengan angka pertumbuhan rata-rata 31 persen dan laba bersih sekitar 571 miliar Indofood giat melakukan aktivitas sosial. yang menjadikannya sebagai yang terbaik di parameter tanggung. jawab sosial di antara perusahaan yang masuk kategori paling di kagumi di Indonesia pada periode 2002.


Posting Komentar untuk "Mengenali Suara Hati"